Secuil Malam di Kota Hujan

Malam adalah kita yang sebenarnya.

Saat malam, seorang pekerja akan melakukan hobi lainnya, saat malam pula ia menunjukkan jati diri dan perasaannya. Melepas topeng yang mungkin saja dikenakan sepanjang hari selama bekerja.

Malam itu, hampir menuju tengah malam, ntah ada angin apa sehingga kami, 5 kawula muda memilih mengisi malam dari penatnya tugas kuliah dengan keliling kota.

Bogor. Kota Hujan, Kota seribu angkot. Kota yang bagi gue selalu hidup sepanjang harinya. Ya, 4 tahun lebih bergelut disana, cukup sering gue keluar malem cuma buat melepas penat.

Bogor is not only about rain. Kota ini juga menarik meskipun tiada hujan mengisi harinya. Kota ini juga menarik saat malamnya.

5 kawula muda, gue, yoni, jaka, gerry, dan rezza. menuju pusat kota cuma buat jalan kaki tanpa ada kepastian arah.

Tapi banyak yang akhirnya membuat kita tahu, bahwa kota ini punya segudang keunikan dari malamnya. Orang-orang yang baru pulang kerja, pengamen yang sedang menghitung uang pendapatannya, penjual gorengan yang masih menyisakan dagangannya, sopir angkot yang tertidur di balik kemudinya, hingga penjaja diri yang tengah berdiri di tepian jalan menanti peminatnya. Semua terekam dalam bingkainya temaram cahaya malam.

tumblr_mvu54l4DQc1rtwe7go1_1280
seorang wanita yang nampak menunggu angkot sembari mengobrol dengan penjual gorengan dan pelanggan lainnya.

Gue suka dengan keramahan bogor. Meskipun sopir angkot suka teriak dan ugal-ugalan, tp toh kalo diajak ngobrol mereka tetep ramah, tetep ‘nyunda’.

Bogor memang tidak sepenuhnya mati saat malam. Angkot masih berseliweran, Minimarket banyak yang buka 24 jam, restoran fast food juga beroperasi malam, pedagang asongan pun tak kenal jam.

Perjalanan kaki malam memang nikmat dengan bersamaan. menikmati masa muda,meskipun terlihat kurang bermakna, tapi setidaknya kami masih bisa menikmatinya dengan tertawa. Sekedar duduk di trotoar jalan, cari gaya foto ala the beatles di zebra cross, hingga meringkung di aspal jalan.

Gue menghargai malam sebagai secuil bagian hari yang menyenangkan. Gue juga menghargai bogor sebagai kota kedua yang memberikan banyak pengalaman. Ya, gue juga suka malamnya Bogor, malam yang dipenuhi cerita, dipenuhi kenangan.

tumblr_mvur5qPK6C1rtwe7go1_1280

Oh iya, Tugu Kujang saat malam adalah sisi terbaik dari Bogor yang gue suka. Mungkin saat larut malam itulah, sang tugu bisa bernapas lega dari penatnya hari yang selalu mengitarinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s