Wisata ke Kuburan : Memandang Alam di Quiling Heaven Memorial Park

Setiap sudut bentang alam adalah tempat terbaik untuk mentafakurkan diri.

Gue emang dipaksa untuk cinta dengan alam, pemaksaan yang menyenangkan. Ya, berdasarkan ilmu sok tau yang gue bikin sendiri, umumnya manusia itu suka dengan nuansa alam, meskipun dengan interpretasi yang berbeda.

Selama gue kuliah di dunia Arsitektur Lanskap pun tentunya sangat erat kaitan dengan lingkungan luar alias alam terbuka karena itulah tapak tempat kami bekerja.

Kali ini berkesempatan untuk liburan penutup tahun 2015, gue dan geng jalan2 yang biasa jadi partner ngetrip (Sem, Gusmen, Jaka, dan Ninis) memilih lokasi yang gak jauh-jauh amat dari Bogor kota. Pilihan yang bijak karena memang meskipun hampur 5 tahun hidup di Bogor, banyak banget lokasi yang belum gue eksplore.

Kalo kalian terlalu akrab dengan nama Pemakaman San Diego Hill di Karawang yang terkenal sebagai taman makam yang sangat asri dan modern, maka kalian juga harus mengenal Pemakaman  yang biasa dikenal dengan nama Taman Quiling. yang berada di Bogor Timur, tepatnya kawasan Cariu.

DSC00241
Gerbang Kawasan Pemakaman (photo by camera agusman)

Hampir serupa dengan San Diego Hill (begitu yang gue liat di foto karena gue jg belum pernah ke sana), Heaven Memorial Park di Cariu ini juga mengusung konsep taman pemakaman modern yang tertata. Tapi, bukan itu atraksi utama yang kami cari ketika memilih lokasi pemakaman ini sebagai tujuan wisata. Alasannya ialah karena panorama alamnya yang luaaarrrr biasaaaaaa….

20151227_120155
Sejauh Mata Memandang

Pemakaman yang berada di lahan dengan kontur berbukit, menjadikannya nampak bertingkat dengan pola makam yang teratur. dari bukit-bukit inilah kalian bisa memilih spot untuk memandangi layer pegunungan yang membentang. Menjadi spesial lagi karena pegunungan yang berlapis itu memiliki bentuk yang beragam sehingga nampak dramatis.

 

Memandang Alam sembari Ingat Kematian (photo by Sem)

 

 

View Pemakaman

 

Gaya andalan : pura2 ngobrol biar keliatan hangat (photo by camera Jaka)

Gimana tuh? gue sedikit gak nyangka dan emang gak tau sih kalo ternyata Panorama di Bogor Timur ternyata kece juga. Layer pegunungannya kalo lagi cuaca bagus, persis kek foto2 Vietnam atau Tiongkok. Ciamik parah…

Buat kalian yang mau kesini dengan kendaraan pribadi dari Bogor Kota, bisa langsung menuju Cilwungsi, terus Jonggol dan terus ngelewatin Taman Buah Mekarsari, dan terus aja menuju Cariu. Bingung? bisa langsung tanya gps atau penduduk disana. (Durasi normal Bogor Kota-Cariu sekitar 3 jam)

kalo mau naik angkutan umum dari Bogor Kota bisa naik Bus dari Term. Br. Siang menuju Cileungsi (Rp 15rb). Lanjut naik angkot tujuan Jonggol dan turun di alun2 jonggol (Rp 8rb). Lanjut lagi naik angkot tujuan Cariu (Rp 8rb). Tapiiii…. angkot ini sebenarnya gak ngelewatin Taman Quiling ini, jadi kalian bisa carter aja angkotnya atau naik ojek.

Selamat Liburan di Pemakaman 🙂

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s