Seperempat Puncak Dari Gunung Api Purba Yogyakarta

“Kalau puncak adalah tujuanmu, lantas apa selanjutnya ketika sudah berada disana selain untuk turun lagi?. Itu Hidup !”

 

Seperempet puncak?

Ok, jadi gue jelasin. Gunung Api Purba ini punya 4 pos. Pos ke empat ialah puncak tertingginya. jadi seperempat artinya gue dan team cuma nyicip ampe pos 1 doang. Please jangan pikir kami lemah. Semua terjadi karena faktor waktu… iya, waktu selalu jadi kambing hitam !

Terlepas dari semua alasan itu. Gunung Api Purba ini berlokasi di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Kalo dari Kota jogja sekitar 1,5 jam perjalanan mobil. Kebetulan kemarin lewat jalur bukit bintang yang panoramanya cukup menarik perhatian selama perjalanan.

Sesampainya di lokasi, papan petunjuk dan loket sudah langsung menyambut, disisi sebrangnya, sawah membentang dengan batu-batu besar yang tersebar. Mungkin ini yang disebut purba, mirip bekas letusan gunung berapi gitu.. Mungkin loh ya…hahaha…

20150303_150553

Sebelum mendaki, ada baiknya dan memang wajib hukumnya buat bayar tiket mendaki dulu. Cuma Rp 5rb doang kok.

Selain itu, kalian bisa liat2 dulu papan map yang ada buat ngasih bayangan trek yang bakal dilalui.

Oh iya, trek yang bakal dilalui sebenarnya trek cemen alias sangat cocok buat kalian yang gak pernah naik gunung. Jadi disini jalurnya itu meskipun mendaki dan terjal, tapi udah disediain alat bantu dari mulai tali sampe tangga. Selain itu, buat sampe ke puncak alias pos 4 juga bisa ditempuh sekitar 90 menit doang. itu juga dengan cara santai.. itu katanya sih, kan kita cuma ‘seperempat’.

20150303_151503
Nah itu ada tali bantu buat naik… keliatan gak tuh talinya?
20150303_152332
kalo ini dikasih bantu tangga sederhana. Awas! diatas kepala ada batu nyangkut
20150303_152215
Beginilah jalurnya yang menanjak dan dihimpit batuan besar. Jadi hati2 langkahnya

Gue suka juga ama konsep pengelolaannya karena selain fasilitas yang memadai kyk alat bantu dan toilet di beberapa titik. Papan petunjuk juga dibuat menarik dengan kata2 yang memberi semangat kayak ‘ Kamu Luar Biasa ‘ atau ‘ayo cepat ke puncak’ . Gitu gitu deh, jadi lumayan hiburan baca2 tulisannya. (tapi dak ada fotonya nih, ntah ilang kemana.. haha)

saran gue sih, selain prepare waktu jangan kesorean kayak kami, tapi juga kalo bisa jangan dateng pas musim hujan kayak kami juga. Kebayang dong ya, udah nanjak, jalanan becek, benatuan licin, kesiram ujan pula, komplit kan kurang puasnya.

20150303_152428
Panorama di tengah pendakian

20 menitan dari bawah, sampailah kami di Pos 1 yang akhirnya kami pilih sebagai titik terakhir kami. Waktu udah terlalu sore, dan emang udah banyak yang mulai turun dari puncak. Ya kali kami baru mau naik.

Tapi meskipun SEPEREMPAT PUNCAK, panorama lanskap dari ketinggian ini sudah cukup wow. Gak butuh banyak gaya, cukup nongkrong liat pemandangan, rasanya damai bro….

20150303_153409
Hamparan hijau

 

Tapi tetep sih butuh gaya, kan mau foto yang banyak…. puas2in deh…

IMG-20150321-WA0007

IMG-20150303-WA0011

z1

IMG-20150318-WA0002

Sebetulnya rada nyesel sih cuma ampe seperempat jalur. Kebayang aja sih, pos 1 aja udah keren, apalagi pos terakhir. Tapi apalah daya, Tuhan udah ngerencanain begitu, jadilah kita turun setelah puas menghabiskan batre hp buat foto2.

Yuk! buat kalian yang di jogja sekitarnya, cicipi indahnya Jogja dari atas gunung api purba.

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s